Jumat, 17 Februari 2012

Engine Swap?, Bus Tua jadi Sehebat Bus Baru, apa bisa ya??

Suatu hari, pak Erka, pemilik beberapa unit bus dipusingkan oleh kondisi mesin salah satu busnya yang rewel melulu, dibetulin satu bagian, eee.., bagian lain ikut rusak, pusiiing... Padahal kondisi angkutan sebentar lagi ramai-ramainya, mana lagi bus masih nyicil di temen lagi...

Itulah sedikit ilustrasi bagaimana susahnya mempunyai bus dalam kondisi bekas pakai yang seringkali dalam kondisi mesin yang sudah tidak sehat lagi. Salah satu cara alternatif yang dapat ditempuh agar kondisi bus dapat sehat kembali ialah dengan mematikan sumber penyakitnya, dan cara itu ialah dengan melakukan engine swap. Kenapa harus engine swap?, karena mesin-mesin pada bus lokal disadari atau tidak, banyak yang mendapat perawatan yang seenaknya dan sekenanya, asal biusa jalan, dan rata-rata sudah diakal (dimodif) sedemikian rupa tanpa mematuhi aturan standar. Dan jika melakukan engine swap, kita akan mendapat mesin yang rata-rata impor yang masih standar, karena mesin di luar negeri rata-rata mendapat perawatan standar pabrik. Lebih sehat kan?, tergantung, hahaha...
Engine swap, apa itu? Engine swap adalah penggantian mesin (yang biasanya) dengan mesin lain yang lebih bertenaga. Apa bisa, itu kan pertanyaannya?, jawabnya bisa saja, tapi...
Bisa, syarat utamanya adalah :
 > Dudukan mesin harus sama (atau minimal ada perubahan dudukan mesin agar sama).

Untuk mempermudah urusan engine swap ini, saran terbaik ialah mencari mesin dalam keluarga merek yang sama, misal Hino ya cari Hino, gitu.. Kenapa harus cari dalam keluarga yang sama?, karena biasanya dudukan mesin (engine mounting) nya sama, dan lagi ynag juga penting, baut rumah transmisi juga sama. Kalau dua syarat utama ini tidak terpenuhi, yaaa, enggak bakal bisa dech pak!

Gimana cara memilih mesin pengganti terbaik?, pertama-tama, cari mesin dengan tipe yang sama, tapi dengan seri (tingkatan) yang lebih tinggi, agar performa yang dihasilkan jauh lebih baik. Dan biasanya, mesin tipe yang sama juga mempunyai model transmisi yang sama pula, jadi bisa langsung pasang, plek! Kalau masih kurang puas, cari mesin dalam keluarga merek yang sama, tapi dengan kemampuan yang jauh lebih tinggi, karena biasanya juga masih sama antara dudukan mesin dan transmisisnya. Kalau sudah tidak menemukan mesin dalam keluarga yang sama, cari mesin after-market semisal Cummins atau yang lainnya beserta bracket kit-nya, yang umum dijual di pasaran.
Berikut contoh tipe bus dan mesin serta mesin penggantinya:
HINO AK17, standar : mesin Hino H06C 175Ps, transmisi LJ06S, kopling 350mm
                   swap    : Hino H06C-D6 180Ps, Hino H07C-D 190Ps (lokal), 195Ps (impor)
HINO AK3H, standar : mesin Hino H07C-D 190Ps, transmisi LJ06S, kopling 350mm
                   swap    : Hino H06C-T 200-225Ps (impor Taiwan), Hino H07C-D 195Ps (impor), 
                                 Hino J08C-F 195-210Ps (impor)
HINO RK17, standar : mesin Hino H06C 175Ps, transmisi LJ06S, kopling 350mm
HINO RK2H, standar : mesin Hino H06C-T 200Ps, transmisi LJ06S, kopling 380mm
                   swap    : Hino H06C-D6 180Ps, Hino H07C-D 190Ps (lokal), 195Ps (impor),
                                 Hino H06C-T 200-225Ps (impor Taiwan), Hino J08C-F 210Ps (lokal),
                                 Hino J08C-T 230-250Ps (impor Taiwan/Thailand)
HINO RG1J, standar : mesin Hino J08C-Ti 240Ps, transmisi MF06S, kopling 380mm
                   swap    : Hino J08C-T 250Ps (impor Taiwan/Thailand), Hino J08C-T 260Ps (lokal),
                                 Hino J08C-T 260Ps (impor)
MB OH1113, standar : mesin MB OM366A 170hp, transmisi MB G3-5speed, kopling 350mm
MB OH1518, standar : mesin MB OM366A 184hp, transmisi MB G3-5speed, kopling 350mm
                    swap    : MB OM366LA 210hp (lokal/impor), ADE 366LA (Africa), MB OM904LA
                                 170-180hp (4-cylinder - impor)
MB OH1521, standar : mesin MB OM366LA 210hp, transmisi MB G4-6speed, kopling 380mm
                    swap    : MB OM366LA 240hp (lokal/impor), ADE 366LA (Africa), MB OM906LA
                                 245-280hp (impor)
Semua contoh di atas adalah contoh paling sederhana untuk melakukan engine swap. Transmisi yang digaris bawahi merupakan suatu keharusan mesin pengganti memiliki transmisi yang sama dengan transmisi bawaan bus. Kenapa transmisinya harus sama?, karena transmisi mempunyai batasan kemampuan dalam menerima torsi mesin, contohnya Hino LJ06S mempunyai batasan torsi maksimum sekitar 700Nm (72Kgm), jika mesin pengganti memiliki torsi lebih besar dari itu, transmisi akan rontok tentunya.

Bagaimana dengan kabel-kabel, dan sistem elektroniknya? Usah khawatir, jika pilihan mesin masih satu keluarga semerek, semua kabel-kabel dan sistem elektroniknya sama, walaupun beda, tidak jauh kok, hanya sebelas-duabelas alias meh plek!

Cari mesinnya di mana? Banyak pilihan, kalau sayang sama busnya, beli mesin original di dealer, tapi biayanya bisa membengkak lebih dari 50 juta bro! Kalau mau yang lebih murah, beli saja eks impor di junkyard atau di bengkel-bengkel restorasi truk built-up. Kalau di sini, harganya lebih murah, sekitar 20-30 juta-an, dan bisa beli lengkap dengan transmisinya, jadi bisa lebih banyak pilihan engine swapnya. Kakau urusan legalitas, usah khawatir, setiap pembelian mesin baik baru atau bekas di dealer atau di junkyard, semua sudah dilengkapi dengan faktur dan surat keterangan penggantian mesin, jadi tinggal urus ke SAMSAT, cek fisik, bayar, jadi deh..

Yang perlu diingat, pilihlah atau pesan mesin yang benar-benar copotan dari bus, jangan yang dari truk. Kenapa?, karena meskipun seri dan variannya sama tetapi dari sononya sudah dibedakan untuk aplikasinya.. Untuk bus biasanya suara lebih halus dan penyaluran tenaga ke driveline juga lebih smooth.

Untuk pertanyaan yang lebih teknis, bisa ditanyakan melalui media ini, siapa tahu saya bisa membantu bus Hino RK Anda berubah menjadi sehebat Hino RG, atau MB OH1518 jadi lebih perkasa daripada MB OH1725L. Terima kasih..

5 komentar:

  1. gud inpo...ijin paste mas bro...

    BalasHapus
  2. Keren !
    Mudah2an ada rejeki mau buat satu

    BalasHapus
  3. Keren !
    Mudah2an ada rejeki mau buat satu

    BalasHapus
  4. ada kontaknya mas ? atau bisa kontak saya d 082282278315
    mau tanya seputar bus mb

    BalasHapus